October 14, 2013

Software Pilihan Untuk Mempermudah Pembuatan USB Boot Installer

usb bootable
Setelah pada tulisan sebelumnya dibahas tentang bagaimana pembuatan USB boot installer untuk Install Windows XP Menggunakan usb_prep8 dan bootsec, pada kesempatan kali ini penulis akan mengenalkan 4 software pilhan untuk mempermudah pembuatan USB boot installer untuk sistem operasi WIndows dan Linux.

Jika kawan mencarinya melalui search engine kesukaan kalian pastinya akan banyak ditemukan berbagai macam software untuk pembuatan USB boot installer yang disebutkan diatas, disini penulis hanya mencoba membantu untuk mempersingakat pencarian tersebut dalam satu halaman artikel.

4 software ini dapat digunakan sesuai dengan keperluan sistem operasi apa yang hendak digunakan, seperti Windows XP Professional, Windows 7 dan berbagai macam sistem operasi Linux. Software-software tersebut adalah:

1. Win Setup From USB
Software ini digunakan untuk membuat USB bootable untuk keperluan installer Windows XP Professional pada notebook atau netbook yang tidak memiliki CD-Room bahkan dapay juga digunakan untuk desktop komputer yang sudah support untuk melakukan booting dari usb.

Penggunaannya sangat mudah, kawan hanya tinggal download dan install software ini pada komputer windows, jalankan dan arahkan source pada cd-room atau direktori dimana terdapat source installer Windows XP Professional.



2. Windows 7 USB/DVD Download Tool
Sesuai dengan namanya software ini memang digunakan untuk membuat usb boot untuk Windows 7, dan penggunaannya juga sangat sederhana, download software, kemudian install dan jalankan, namun terdapat perbedaan dimana tool ini selain dapat diarahkan ke source Windows 7 juga dapat membaca file ISO yang kawan punya.


Sedikit catatan jika melakukan installasi software ini pada WIndows XP Professional, kawan membutuhkan software tambahan yang dinamakan Microsfot Image Mastering ApiV2, jadi sebelum menginstall USB tool diatas, harus diinstall terlebih dahulu software ini.



3. Rufus
Jika kawan ingin membuat usb bootable untuk berabagai macam sistem operasi rufus adalah pilihan yang tepat, karena selain bisa digunakan untuk membuat usb bootable sistem operasi Windows, software ini juga bisa digunakan untuk membuat usb boot untuk Linux dan sebagainya.

Rufus juga dapat digunakan untuk menghapus dan mengupgrade BIOS atau Firmware dengan menggunakan perintah DOS, dan dapat juga dijalankan sebagai portable sistem operasi seperti Live-CD. Source yang digunakan bisa berupa direktori installer OS ataupun file ISO.



4. uNetbootin
uNetbootin adalah software yang digunakan untuk membuat usb bootable untuk berbagai macam sistem operasi Linux seperti Ubuntu, CentOS, Fedora dan sebagainya. Cara pembuatannya tidaklah terlalu sulit, download dan install pada sistem operasi Windows kemudian jalankan dengan mengarahkan source ke file ISO dan target ke drive yang berisi usb atau flashdisk.

uNetbootin juga dapat membuat usb bootable dengan mengarhkan langsung source ke situs download file ISO untuk sistem operasi Linux yang bersangkutan (download file ISO dari official website).


Demikianlah 4 software yang dapat digunakan untuk keperluan pembuatan usb boot installer, jika kawan menghadapi kendala silahkan meninggalkan komentar, Terima kasih.

No comments:

Post a Comment