October 13, 2013

Membuat USB Bootable Untuk Install Windows XP Menggunakan USBprep8 dan Bootsec

USB Boot Installer Windows mungkin bukanlah hal yang baru saat tulisan ini dibuat, bahkan tulisan mengenai bagaimana cara membuatnya-pun sudah banyak bisa kawan temukan melalui search engine Google, Yahoo!, Bing ataupun yang lainnya. Disini penulis hanya ingin berbagi tentang bagaimana membuat usb bootable installer untuk Windows XP Professional menggunakan usb_prep8 dan bootsec.

Sebelum membuatnya download software yang dibutuhkan : usb_prep8 + bootsec.
  • Simpan dan ekstrak hasil download diatas, pada tahap ini kawan akan mendapatkan 2 buah folder yaitu  usb_perp8 dan bootsec, masukkan (colok) usb yang akan dijadikan installer, oh ya untuk hasil yang lebih baik, usb diformat terlebih dahulu menggunakan fasilitas windows, minimal usb 1 Gbyte.
  • Kemudian masuk kedalam direktori usb_prep8 dan jalankan usb_prep8.bat, maka akan muncul window untuk melakukan format ke usb dengan nama PeToUSB, pastikan USB telah terbaca lalu klik start untuk mulai format usb, jelasnya lihat gambar berikut:



  • Setelah selesai tunggu sampai PeToUsb muncul kembali, kemudian klik start menu dan jalankan cmd untuk membuka command shell window yang baru, ingat untuk tidak menutup jendela usp_prep8  yang sebelumnya sudah dijalankan.
  • Pada command shell window yang baru masuk ke direktori bootsec (misalnya d:\usb-tool\bootsec), jalankan perintah berikut:

    D:\usb-tool\bootsec\Bootsec.exe /nt52 F:
    Dimana F: diasumsikan adalah direktori USB kawan

    Setelah perintah dieksekusi dan mengeluarkan pesan "Bootcode was successfully updated all targeted volumes", berarti bootsec telah berhasil dilakukan, lihat gambar dibawah:


  • Setelah langkah diatas, tutup window bootsec dan PeToUsb, maka jendela usb_perp8 yang telah terbuka sejak awal akan mengeluarkan menu pilihan untuk membuat usb boot, lihat gambar dibawah


  • Masukkan pilihan 1 dan arahkan ke direktori dimana source Windows XP berada, misalnya di CD Room, harap diingat source path adalah source windows yang telah di ekstrak bukan iso.
  • Setelah selesai lanjutkan pilihan nomor 2, jika drive T: kawan tidak ada, kosongkan saja jawabannya.
  • Pada pilihan nomor 3 sesuaikan dengan drive usb.
  • Pilihan no.4 adalah untuk pengcopy-an template ke usb. 
  • Sedangkan pilihan nomor 5 sebagai eksekusi perintah copy dari source path kedalam usb, perhatikan gambar dibawah.
 

Apabila proses telah terlihat seperti pada gambar terakhir, pembuatan usb boot WinXP menggunakan usb_prep8 dan bootsec telah selesai dilakukan, tinggal jawab "yes" dan ikuti petunjuk berikutnya sampai selesai.

Membuat usb bootable dengan cara ini adalah yang paling disukai penulis, kenapa? karena selain waktu pembuatan yang dibutuhkan lebih cepat juga telah terbukti dapat berjalan hampir disemua komputer, notebook ataupun netbook dari segala jenis merk yang ada.

Demikianlah, jika kawan menghadapi kendala jangan ragu untuk meninggalkan komentar, Terima kasih dan salam.

No comments:

Post a Comment