August 18, 2013

Mengaktifkan Account Root Pada Ubuntu Linux

Root ( prompt berbentuk # ) adalah akun tertinggi dalam sistem operasi Linux begiut juga dengan Unix pada umumnya dan saat ini mungkin jika kawan dengar ada root untuk android, root juga mempunyai persamaan dengan akun administrator pada sistem operasi Windows, dengan akun ini semua perintah dapat dilakukan dapat batas atas sebuah sistem operasi.

Berbeda dengan root pada sistem operasi Linux lainnya, pada Ubuntu akun root tidak diperbolehkan untuk login secara langsung, baik itu melalui remote komputer ataupun lokal komputer dengan kata lain akun ini di disable secara default untuk melakukan login secara langsung.

Bagi kawan yang telah mencoba Ubuntu mungkin sudah tidak asing lagi untuk login sebagai root, yaitu melalui perintah yang diawali dengan sudo.

contoh : $ sudo apt-get update, atau
             $ sudo -i

biasanya setelah mengetikan salah satu perintah diatas kawan akan diminta memasukkan password, mungkin ini salah satu kemudahannya, tidak perlu mengingat password root selain password user, dengan kata lain kita sudah bisa melakukan perintah sebagai root hanya dengan menggunakan password otoritas user.

Dengan kondisi diatas dapat kita simpulkian beberapa keuntungan Ubuntu mendisable root secara default:
  • Lebih sedikit pertanyaan yang ditampilkan oleh installer Ubuntu.
  • Para pengguna tidak perlu mengingat password tambahan seperti password root.
  • Menghindari pengguna untuk kebiasaan login sebagai administrator
  • Dengan dilakukannya perintah sudo, sistem operasi dapat melakukan log atas perintah yang telah dilakukan, hal ini berguna untuk kita melihat kembali apa saja perintah yang telah dilaksanakan.
  • Mencegah brute force attack pada akun root oleh para cracker.
  • Menghindari share password root pada pengguna lain.
Mungkin itulah beberapa keuntungan yang penulis ketahui mengenai disable password oleh secara default pada sistem operasi Ubuntu Linux, namun jika kawa memerlukan login dengan menggunakan akun root secara langsung baik itu dari lokal ataupun remote komputer melalui ssh, ikuti langkah dibawah ini:

Mengaktifkan login root:

sudo -i   (masukkan password user)
sudo passwd root   (masukkan password root yang baru)

Setelah selesai logout dan cobalah untuk login menggunakan akun root ( lokal atau remote).

Jika telah selesai dan kawan ingin kembali men-disablekan akun root, ketikkan perintah berikut:

sudo passwd -dl root

Demikianlah, tinggalkan komentar jika menghadapi kendala.

Selamat mencoba dan terima kasih.

No comments:

Post a Comment