September 11, 2012

Link Phising di Email dengan Pengirim Webmaster Help Desk

Dewasa ini penipuan dalam dunia internet semakin merajalela dan cara yang dilakukanpun juga semakin bervariasi dan semakin beragam, tujuannya utamanya adalah untuk mendapatkan uang dari para korbannya. Salah satunya adalah Phising yaitu membuat halaman login palsu yang dimiripkan (disamakan) dengan aslinya, sehingga seseorang yang tidak waspada akan memasukkan username dan passwordnya disana dan tanpa disadari ia juga memberikan hal itu kepada si pembuat halaman palsu.

Dengan kata lain telah terjadi pencurian username dan password yang sebetulnya terjadi karena ketidakwaspadaan kita sendiri. Jika yang dimasukkan adalah username dan password yang diapakai untuk transaksi keuangan seperi credit card atau bank-id, kawan bisa membayangkan apa yang telah didapat oleh pembuat halaman palsu tersebut.

Bagaimana seseorang dapat masuk perangkap tersebut ?

Caranya bervariasi, bisa melalui media sosial seperti facebook atau twitter dan juga yang lainnya, si pembuat halaman atau kita katakan "si-penipu", mengirimkan link ke halaman profile sang calon korban dengan kata-kata yang biasanya cukup menarik, dan ketika link tersebut di klik maka ketku itu juga akan masuk  ke halaman phising yang dibuat si-penipu.

Lain lagi yang saya alami, beberapa hari ini saya menerima email yang mengatasnamakan Webmaster , Help Desk (Bantuan Meja), atau bahkan Webmaster Help Desk (Webmaster Bantuan Meja), yang isinya menyatakan bahwa email account telah melebihi batas quota sehingga kita tidak bisa mengirim atau menerima email, sehingga kita diharuskan untuk mem-validasi melalui link yang mereka tautkan, lihat gambar dibwah untuk lebih jelasnya:

email phising

isi email phising
Perhatikan link pada gambar diatas, isi email mengarahkan kita untuk mengklik link yang diberikan, itulah salah satu taktik si-penipu untuk mengajak kita masuk ke halaman palsunya dan jika kawan menerima email atau pesan apapun yang berbentuk seperti ini, jangan pernah terpancing untuk mengkliknya, atau hapus saja email atau pesan yang tidak jelas tanpa harus melihatnya.

Demikianlah yang bisa disampaikan mudah-mudahan dapat berguna, selalu waspada dan perhatikan alamat dengan teliti jika ingin melakukan transaksi khusunya transaksi keuangan, Terima kasih.

No comments:

Post a Comment