August 28, 2013

Resolved, TP-LINK TL-WA801ND Multicast Address Flooding

TL-WA801ND Flooding
Sebetulnya ini kendala yang pernah dialami oleh penulis dengan kondisi jaringan atau LAN yang tidak stabil sejak pemasangan Acces Point untuk hotspot (wifi). hanya karena bingung mau kasih judul apa, jadinya bikin deh judul artikel sekenanya, hehehe ....

Ceritanya begini, sejak pemasangan AP untuk hotspot dengan menggunakan TP-LINK TL-WA801ND jaringan lokal menjadi tidak stabil dan harus reset switch ketika terjadi gangguan pada jaringan, begitu yang terjadi setiap hari, reset switch baru jaringan aktif kembali.

Oh iya, sebagai gambaran untuk kawan sekalian, AP terpasang pada setiap switch yang menghubungkan LAN dengan gateway yang berjalan pada router mikrotik, awalnya bingung kenapa network tiap hari down, setelah diingat-ingat memang network menjadi tidak stabil setelah ada pemasangan tersebut.

Nah mulai deh melakukan penyelidikan, ternyata saya dapat kesimpulan bahwa network down karena Access Point yang melakukan broadcast, sehingga terjadi flooding ke router dan mengakibatkan network "hang" lalu terputus. Flooding yang terjadi berasal dari TL-WA801ND yang terhubung dalam satu switch dalam satu jaringan.

Untuk mencoba menanggulanginya, hal pertama yang penulis melakukan adalah melakukan perubahan setting pada Access Point seperti gambar berikut:

tplink disable wps
tplink ap isolation
tplink channel width

Maksud ketiga gambar diatas adalah, pennulis mencoba disable WPS agar wifi protect tidak berjalan otomatis, kemudian gambar kedua bermaksud mengisolasi AP, sehingga tidak menimbulkan interfrensi serta juga menurunkan power, dan terakhir penulis berpikiran karena switch hanya berkapasitas 100 Mpbs sehingga mungkin ada pengaruh jika channel width dikecilkan dan hanya berkapasitas 130 Mbps dari 300 Mbps pada awalnya.

Ternyata semua itu tidak berpengaruh, AP TP-LINK yang terhubung dalam satu switch tetap melakukan broadcast satu sama lain ( berasal dari multicast address ke 224.0.0.251 ), sehingga menyebabkan terjadinya flooding pada router gateway, sedikit putus asa penulis mengunjungi situs TP-LINK untuk mencari tahu apa mungkin ada upgrade firmware, ternyata benar semua kejadian mengganggu tersebut karena bug dari firmware bawaan AP dan harus di upgrade ke versi terbaru, semuanya bisa dibaca pada link berikut :

http://www.tp-link.com/en/support/download/?model=TL-WA801ND&version=V2

Setelah download firmware terbaru dan upgrade semua Access Point masalah flooding multicast selesai dan masalah saya "SOLVED", bagi kawan yang ingin mengetahui jenis-jenis multicast address bisa membaca link berikut :  http://en.wikipedia.org/wiki/Multicast_address.

Demikianlah, mudah-mudahan pengalaman ini dapat membantu seseorang yang menbutuhkannya dan jika menghadapi kendala silahkan tinggalkan komentar.

Terima Kasih.

No comments:

Post a Comment